Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Alami dari Daun Sirih

  • Husnin Nahry Yarza UHAMKA
  • Devi Anugrah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Rosi Feirina Ritonga Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Pembersih Tangan, Kebersihan, Sirih, Literasi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini merupakan tindak lanjut dari penelitian. Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah memberikan edukasi mengenai virus corona 19 atau dikenal dengan nama covid 19, edukasi mengenai virus ini penting karena masih banyak masyarakat yang belum begitu mengetahui virus tersebut tentang bagaimana menghindarinya hingga penanggulangannya. Selain itu juga diberikan pelatihan untuk membuat hand sanitizer alami dari saun sirih, pembuatan hand sanitizer ini dilakukan seiring mahalnya harga hand sanitizer buatan pabrik yang harganya melonjak ditengah pandemic covid 19, selain itu dapat menimbulkan efek samping jika digunakan secara berlebihan sedangkan hand sanitizer dari daun sirih ini bersifat alami dan lebih aman digunakan. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini dapat membuat masyarakat lebih sadar akan kebersihan dan lebih menjaga diri dan keluarga dar virus dan ancaman penyakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cicaningsih, Agustin dan Tri Cahyono. 2017. Komparasi Efektivitas Hand Sanitizer Alami “AC” dan Merk E Terhadap Penurunan Angka Kuman Pada Tangan Pekerja di Lab Kesmas Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Keslingmas. Vol 37. No. 3 p. 364-373.

Fatimah, Cut dan Rani, Ardiani. 2018. Pembuatan Hand Sanitizer (Pembersih Tangan Tanpa Air Menggunakan Antiseptik Bahan Alami. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2018.

Kamila, Ami. Anzar, Ismail, 2020. Edukasi HIV/AIDS “Gerakan 1000 Remaja Milenial Peduli ODHA (Gerserha) di MA Al- Mukhtariyah Kabupaten Bandung Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Lestari, Pramulani Mulya. Ani, Pahriyani. 2018. Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Perasan Buah Jeruk Nipis Bagi Guru, Siswa Siswi SMA dan SMK Mutiara 17 Agustus Kelurahan Teluk Pucung Bekasi Utara. Jurnal Semar. Vol 6. No. 3. P. 1-6.

Sari, Retno. Dweim Isadiartuti. 2006. Studi Efektivitas Sediaan Gel Antiseptik tangan ekstrak daun sirih (Piper betle Linn.). Majalah Farmasi Indonesia. Vol 17 (4). P. 163-169.

Tjirtosoepomo, Gembong. (2005). Taksonomi Tumbuhan Obat-obatan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Tim LPPM UHAMKA. (2018). Buku Panduan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

WHO. 2020. Anjuran mengenai penggunaan masker dalam Konteks COVID-19.

Yarza, Husnin Nahry. Devi, Anugrah., Hilman, Faruq., Rosi Feirina Ritonga. (2019). Pemanfaatan Tanaman Obat di Lingkungan Sekitar Sebagai Tanaman Obat di Muhammadiyah Cileungsi Kabupaten Bogor. Laporan Penelitian.

Zubaidah, Elisabeth Linggiana., dkk., (2008). Ilmu Resep untuk Sekolah Menengah Farmasi/SMK Faramsi (Kelas X). Jakarta: P@B SMF-SMKF

Published
2021-06-27
How to Cite
Yarza, H. N., Devi Anugrah, & Rosi Feirina Ritonga. (2021). Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Alami dari Daun Sirih. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 800-804. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4334
Abstract viewed = 2777 times
PDF downloaded = 1690 times