Penggunaan Alat Bantu Papan Pelampung Dan Bantuan Teman Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Punggung Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Siak Hulu
Abstract
Berlatar belakang dari masalah penelitian, yaitu rendahnya keterampilan gerak dasar renang gaya punggung peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Siak Hulu. Kemudian peneliti melakukan suatu tindakan dengan penelitian tindakan kelas untuk memberikan solusi dalam permasalahan yang terjadi di dalam kelas dengan penggunaan alat bantu papan pelampung dan bantuan teman dalam upaya peningkatan keterampilan gerak dasar renang gaya punggung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian peserta didk kelas XI IPA SMA Negeri 2 Siak Hulu yang berjumlah 192 orang yang terdiri dari enam kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrument penilaian keterampilan gerak dasar renang gaya punggung. Hasil penelitian pada siklus 1, diperoleh peningkatan keterampilan gerak dasar renang gaya punggung dengan tingkat keterampilan sebesar 64.06% dengan kategori kurrang. Pada siklus 2, diperoleh peningkatan keterampilan gerak dasar renang gaya punggung sebesar 91.67% dengan kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu papan pelampung dan bantuan teman dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar renang gaya punggung pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Siak Hulu, yaitu sebanyak 176 orang peserta didik atau 91.67%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengunaan alat bantu papan pelampung dan bantuan teman dalam upaya meningkatkan keterampilan gerak dasar renang gaya punggung pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Siak Hulu dikatakan berhasil, karena diperoleh peningkatan keterampilan gerak dasar renang gaya punggung sudah melampaui indikator keberhasilan dan dapat menjawab hipotesis penelitian.
Downloads
References
Abdoelah, Arma. 1981. Olahraga Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Sastra Hudaya.
Arsyad. Azhar .2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: CV. Gava Media.
Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas Action Research.Jakarta
Depdiknas. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta.
Dewayani.___.. Belajar Berenag. Semarang : CV. Aneka Ilmu.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hamzah. B Uno. 2005. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta.
Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma.
Lutan. Rusli. 1998. Belajar Keterampilan Motorik. Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud. Dirjen Dikti, PP LPTK.
Muhajir. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Untuk Kelas XI). Bbandung : Erlangga.
Rahyudi. 2012. Gerak dan Keterampilan. Jakarta; PT. Gramedia.
Sanjaya, Desrika Redi. 2016. Upaya Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Punggung Menggunakan Alat Bantu Berupa Papan Peluncur Bantuan Teman Dan Steropom Pada Siswa Kelas XII AK 2 SMK Swadhipa Natar (Skirpsi). Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Soedarminto. 1993. Gerak Jalan Pendidikan Jasmani. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. 1997. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sukintaka. 1983. Renang dan Metodik. Jakarta: Depdikbud.
Sumarman, 2011. Belajar Renang Yang Menyenangkan. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Sumaryoto dan Soni Nopembri. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Syarifudin dan Sudrajat Wiradiardja. 2014. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Wiradihardj, Sudajat dan Syarifudi. 2016. . Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.