Pelatihan Pengembangan Aplikasi Mobile menggunakan IONIC untuk Siswa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Authors

  • Yuvi Darmayunata Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru
  • Lucky Lhaura Van FC Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru
  • Vebby Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31849/v34xvc80

Keywords:

Pengabdian kepada Masyarakat, Pengembangan Aplikasi Mobile, IONIC, Pendidikan Kejuruan, Blended Learning

Abstract

Dalam era digital, penguasaan teknologi menjadi keterampilan penting bagi siswa kejuruan, terutama dalam pengembangan aplikasi mobile. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis framework IONIC. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup pendekatan blended learning, yang mengombinasikan teori dan praktik langsung dalam membangun aplikasi lintas platform. Evaluasi program dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dasar pengembangan aplikasi mobile serta kepercayaan diri siswa dalam mengimplementasikan proyek berbasis IONIC. Program ini berkontribusi dalam memperkaya pengalaman belajar siswa serta mempersiapkan mereka untuk kebutuhan industri teknologi yang terus berkembang.

References

Dewanti, P., & Permana, P. A. G. (2017). Pengembangan Aplikasi Hybrid Menggunakan Ionic 2 Framework dan Angular 2. E-Proceedings KNS I STIKOM Bali, 396–400.

Firdaus, A. A., Yudhana, A., & Riadi, I. (2023). Analisis Sentimen pada Proyeksi Pemilihan Presiden 2024 Menggunakan Metode Support Vector Machine. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 236–245.

Heriyanto, I., Kurniawati, I., Amsury, F., & Hernawati. (2024). Metode Agile Development dalam Perancangan Undangan Digital Menggunakan Aplikasi Ionic Mobile dan Angular Frameworks. INFOTECH Journal, 10(1), 161–165.

Karnadi, J., & Virgana, W. (2021). Pengembangan Aplikasi Mobile Menggunakan Teknologi Web: Studi Kasus Aplikasi Chatting Berbasis Ionic Framework. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(2), 74–80.

Rahmawati, D. A. (2024). Perancangan User Experience Aplikasi Edukasi dan Penanganan Anxiety Disorder pada Mahasiswa Filkom Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(10), 1–10.

Razilu, Z. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 di Sekolah Dasar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 17–21.

Saputra, R. T., Farisi, H., & Saputra, M. C. (2024). Perbandingan Performansi Tool Testing Antara Appium dan Katalon dalam Pengujian Otomatisasi Perangkat Lunak pada Aplikasi Berbasis Mobile. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(10), 1–10.

Wulandari, S. (2022). Inovasi dan Tren Terkini dalam Pengembangan Karir Pendidikan Teknologi Kejuruan. Jurnal Al-Qalam, 2(1), 1–15.

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42.

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Pelatihan Pengembangan Aplikasi Mobile menggunakan IONIC untuk Siswa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. (2025). J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 5(2), 224-230. https://doi.org/10.31849/v34xvc80

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>