Efektivitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dalam Memberi Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Febri Dwi Ramayanti Universitas Riau
  • Febri Yuliani Universitas Riau
  • Adianto Universitas Riau
Keywords: Efektivitas, Pelayanan Publik, kuantan

Abstract

COVID-19 memberi dampak yang sangat besar disemua aspek kehidupan, termasuk pelayanan publik. Untuk membunuh mata rantai penyebaran COVID-19, pemerintah menutup pelayanan publik. Untuk tetap memberi pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi menerapkan sistem pelayanan online. Melihat banyaknya keluhan dari masyarakat, setelah dikeluarkanya kebijakan diperbolehkan membuka kembali pelayanan tatap muka, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi membuka kembali pelayanan dan dilakukan diluar ruangan kantor untuk menghindari kontak langsung antara pegawai dan masyarakat dan untuk menghindari kerumunan didalam kantor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa efektivitas dan upaya yang telah dilakaukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dalam memberi pelayanan pada masa pandemi COVID-19 serta faktor-faktor yang menghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriftif, data penelitian dianalisis dengang  metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa efektivitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dalam memberi pelayanan pada masa pendemi COVID-19 masih kurang efektif. Upaya yang telah dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dalam memberi pelayanan publik pada saat pandemi COVID-19 adalah menerapkan sistem pelayanan online, renovasi ruangan khusus pelayanan, pembuatan situs web atau platform pelayanan online. Faktor-faktor yang menghambat efektivitas Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dalam memberi pelayanan pada masa pendemi COVID-19 adalah disiplin pegawai dan sarana prasaran. Berdasarkan hasil penelitian diperlukan perbaikan sistem pelayanan online, peningkatan disiplin pegawai dan penegasan penerapan protokol kesehatan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Y. N., Cikusin, Y., & Widodo, R. P. (2020). Efektivitas Kinerja Aparatur Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Kantor Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Jurnal Respon Publik, 14(5).
Asrida, W. (2017). Pelayanan Publik Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Tahun 2015-2016. Jurnal Ilmu Pemerintahan Nakhoda, 16(27), 54–65. https://doi.org/10.35967/jipn.v16i27.5796
Asrida, W., & Puspita Pohan, R. (2016). Pelayanan Publik Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Tahun 2013. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(1), 22. https://doi.org/10.35967/jipn.v13i1.3218
Dahmiri. (2014). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Kantor Camat Kecamatan Sarolangun. Jurnal Studi Manajemen, 8(2).
Damayanti, L. D., Suwena, K. R., & Haris, I. A. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDISKHA, 11(1).
Emis, Burhannudin, & Rahman, A. (2020). Analisis Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu. Jurnal Kolaborasi Sains, 1(1). https://doi.org/10.319/jom.v1i1.1208
Erdian, T. V., & Hariani, D. (2017). Analisis Efektivitas Organisasi Dalam Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Gunungpati Kota Serang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(3). https://doi.org/10.14710/jppmr.v6i3.16794
Fitria, N. J. L. (2020). Penerapan Work From Home dan Work From Office Dengan Absen Online Sebagai Implikasi e-Government di Masa New Normal. Jurnal Civil Service, 14. https://doi.org/10.20414/sangkep.v2i2
Hamrun, Ahmad, H., Prianto, A. L., & Kherasni, N. (2019). Strategi Pemerintah Daerah Dalam PEngembangan Pelayanan Berdasarkan e-Goverment di Kabupaten Muna. Nakhoda Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.35697/jipn
Handayani, D., Hadi, D. R., & Isbaniah, F. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40.
Hendy, S., & Fariza, I. (2020). Gerakan Masyarakat Tertib Administrasi Kependudukan Melalui Inovasi Pelayanan LUKADESI (Keluarga Berduka Desa Siaga) di Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta. Nakhoda Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19. https://doi.org/https://doi.org/10.35967/jipn
Japami, W., & Eriyanti, F. (2019). Efektivitas Pelayanan Keliling Online Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah datar. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik, 1(2).
Karshiev, G. A. U. (2020). The Impac Of Covid-19 On Public Administration. Novateur Publication International Journal Of Innovation In Engineering Research, 7 (11). https://repo.ijiert.org/index.php/ijiert/articel/view/79
Melinda, M., Syamsurizaldi, & Kabullah, M. I. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online PADUKO) Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Nakhodah Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19 (2). https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.115
Monarfa, H. (2012). Efektivias dan Efesiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu, 5(1).
Niswaty, R., Maulana, A. M. F., Jamaluddin, Darwis, M., & Salam, R. (2020). Efektivitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng. Jurnal Administrasi Publik, 16(1).
Noorhani, M. (2017). Efektivitas Organisasi Kelurahan Kemuning Kota Banjarbaru Dalam Mengimplementasikan Pereturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Menuju Pemerintahan Goog Governance. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(3).
Oktarina, V. R., Warnono, H., Priyadi, B. P., & Kismartini. (2021). Pelayanan Publik Dalam Kebijakan Social Distancing di Kota Waringin Barat. Jurnal Kajian Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.20414/sangkep.v2iv
Pangarso, A., & Susanti, P. I. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadp Kinerja Pegawai di Biro Pelayanan Sosial Dasar Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20473/jmtt.v9i2.3019
Pangoempia, S. J., Korompis, G. C., & Rumayar, A. A. (2021). Analisis Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Ranotana Weru dan Puskesmas Teling Atas Kota Manado. Jurnal Kesmas, 10.
Rahman, A., & Larasati, D. C. (2020). Standart Pelayanan Publik di Era Transisi New Normal. Jurnal Reformasi, 10. https://doi.org/10.33366/rfr.v%vi5i.1952
Rahman, K. (2017). Pelayanan Pemerintah Yang Bertanggungjawab. Nakhodah Jurnal Ilmu Pemerintahan, 16 (28). https://doi.org/https://doi.org/10.35967/jipn.v16i.28.5823
Rahman, S. A. (2013). Efektivitas Organisasi Kecamatan Sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (Studi Kasus Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru). Jurnal Ilmu Politik Dan Ilmu Pemerintahan Lokal, 2.
Rahmawati, F., & Laly, N. (2018). No TitlAnalisis Efektivitas Organisasi Dengan Motode Holistic Organization Effectiviness Pada Perguruan Tinggi X di Surabaya. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 7(11).
Salam, R. (2021). Perubahan dan Inovasi Pelayanan Publik di Era New Normal Pandemi Covid-19. Jurnal Of Publik Administration and Government, 3. https://doi.org/htpd://doi.org/10.2287/jpag/v3i1.138
Soputan, G. J. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Pelayanan Pemerintah Kota Manado. Jurnal MIMBAR, 29(1).
Sugiono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Switly, V., Rares, J. J., & Pembengi, J. D. (2018). Efektivitas Pemerinta Kabupaten Wena Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 4(58).
Wicaksono, B. (2014). Sistem Operasional Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Sebagai Modal Pelayanan Sipil Dinas Perizinan Pemerintahan Kota Yogyakarta. Nakhoda Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(21). https://doi.org/https://doi.org/10.35967/jipn.v13i1.3219
Wirtz, B. W., Muller, W. M., & Weyerer, J. C. (2020). Digital Pandemic Response System: A Strategic Management Framework Againt Covid-19. International Journal OF Public Administration. https://doi.org/10.1080/01900692.2020.1858316
Published
2022-09-30
How to Cite
Febri Dwi Ramayanti, Febri Yuliani, & Adianto. (2022). Efektivitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dalam Memberi Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Niara, 15(2), 235-251. https://doi.org/10.31849/niara.v15i2.8887
Section
Articles
Abstract viewed = 754 times
PDF downloaded = 418 times