Pemberdayaan Perempuan Suku Akit Melalui Pelatihan Pemanfaatan Lidi Sawit

  • Adianto Universitas Riau
  • Tantri Puspita Yazid Universitas Riau
  • Dedi Kusuma Habibie Universitas Riau
  • Frini Karina Andini Universitas Riau
  • Ahmad Hadi Universitas Riau
  • Risky Arya Putri Universitas Riau
Keywords: Pemberdayaan, Perempuan, Suku Akit, Limbah Sawit

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pmeberdayaan masyarakat suku akit khususnya bagi kaum perempuan yang ada di Desa Dungun Baru dan Desa Sungai Cingam (Kecamatan Rupat) Desa Hutan Ayu, Desa Titi Akar, Desa Suka Damai (Kecamatan Rupat Utara), Kabupaten Bengkalis untuk mendapatkan keterampilan dengan memanfaatkan lidi limbah sawit sehingga dapat berkontribusi dalam perekonomian keluarga. Metode pemberdayaan ini adalah melakukan focus grup disscusion dengan pemerintah daerah, Pemerintah Desa, dan kepala suku, memberikan sosialisasi lidi sawit yang memiliki nilai jual dan memberikan pelatihan untuk membuat kerajinan tangan denagan memanfaatkan limbah lidi sawit. Hasil dari kegiata pengabdian ini adalah terjalinnya kerja sama dengan Dinas Perdanganan dan Perindustrian untuk memastikan pemasaran hasil kerajinan tangan masyarakat perempuan Suku Akit dan terbuntuknya kelompok perempuan yang memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan tangan yang akan memberikan pendapatn tambahan bagi masyarakat perempuan Suku Akit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Garnasih, R. L. (2020). Pemanfaatan Limbah Lidi Sawit Menjadi Produk Bernilai ekonomis di Desa Sei Sirih kecamatan singingi Kabupaten Kuatan Singingi. Jurnal Pengapdian Masyarakat Multi Disiplin, 4(1).
[2] Mayliza, M., & Adianto, A. (2019). Analisis Swot Pemberdayaan Kat Suku Bonai Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Di Rokan Hulu. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 9(1), 63-76.
[3] Rosaliza, M. (2018). Local Knowledge Suku Akit Bengkalis. Jurnal Ilmu Budaya, 14(2), 104-112.
[4] Saputra, T., Aguswan, A., Syofian, S., & FS, H. T. (2021). Model Penguatan Modal Sosial Pembangunan Budaya dan Kearifan Lokal Suku Sakai kabupaten Bengkalis. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 10(2), 147-158.
[5] Sukmawani, R., Salehah, N. E., Supiati, I. A., Putri, A. A., & Putri, A. C. (2023). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Keterampilan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2692-2700
[6] Khairunnisak Lubis, 2018, Produk Lidi Sawit dapat Tembus Pasar Ekspor https://www.wartaekonomi.co.id/read125371/wuih-produk-lidi-sawit-dapat-tembus-pasar-ekspor.html.
Published
2024-05-06
How to Cite
Adianto, Tantri Puspita Yazid, Dedi Kusuma Habibie, Frini Karina Andini, Ahmad Hadi, & Risky Arya Putri. (2024). Pemberdayaan Perempuan Suku Akit Melalui Pelatihan Pemanfaatan Lidi Sawit. Jurnal Niara, 17(1), 154-161. https://doi.org/10.31849/niara.v17i1.20063
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>