PELATIHAN SABLON MANUAL UNTUK KREATIFITAS SISWA PADA SMA BUDHI LUHUR PEKANBARU

  • Atmam Atmam Prodi Teknik Elektro Unilak Pekanbaru
  • Usaha Situmeang Prodi Teknik Elektro Unilak Pekanbaru
  • Hazra Yuvendius Prodi Teknik Elektro Unilak Pekanbaru
Keywords: Bidang non akademik, Sablon manual, Screen Sablon

Abstract

Sekolah Menengah Atas Budhi Luhur (SMA) Pekanbaru adalah salah satu sekolah menengah di Pekanbaru, Provinsi Riau. Visi dari SMA Budhi Luhur Pekanbaru adalah berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa serta berbudaya melayu dengan salah satu indikator visi berprestasi dibidang akademik dan non akademik. Sarana dan prasarana yang dimiliki SMA Budhi Luhur untuk mendukung proses pembelajaran adalah laboratorium terpadu dan komputer. Masalah yang terjadi adalah tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa SMA Budhi Luhur Pekanbaru dalam penguasaan bidang non-akademik siswa sangat minim, disebabkan oleh kurangnya kegiatan non akademik terkait dengan peningkatan kreativitas siswa. Melihat kondisi ini, diperlukan upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan di bidang non-akademik untuk kreativitas siswa dan salah satunya adalah sablon manual pada media kain. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat adalah pengetahuan siswa tentang sablon manual, 100% siswa sudah mengetahuinya dengan peningkatan 90% dan pengetahuan tentang peralatan yang dibutuhkan dalam proses sablon manual siswa meningkat sebesar 80%. Peningkatan pengetahuan siswa tentang proses pengafdrukan pada screen sablon sebesar 90% dan siswa sudah mengetahui proses penghapusan film sablon manual dengan peningkatan 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakhtiar, 2012, Perancangan Alat Penyinaran Screen Sablon PCB dengan Pengaturan Intensitas Cahaya Berbasis Mikrokontroller AT89S52, Jurnal Litek (ISSN: 16938097) Volume 9 Nomor 2, September 2012: hal. 119123.

Febri Rahmi, 2012, Pelatihan Kewirausahaan Bidang Usaha Sablon, Pemasaran dan Manajemen Keuangannya, Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Grace Christina, 2013, Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Sablon Pada CV.Celcius di Solo (Studi Pada Aspek Sumber Daya Manusia), Jurnal Agora, Vol. 1, No. 1, 2013.

Risnaningsih, 2013, Pelatihan dan Pendampingan Usaha Mikro Dhi sablon & Printing dan The Joker’s Sablon & Offset di Malang, Jurnal Dedikasi, ISSN 1693-3214, Volume 12, Mei 2015.

Published
2019-06-28
How to Cite
Atmam, A., Situmeang, U., & Yuvendius, H. (2019). PELATIHAN SABLON MANUAL UNTUK KREATIFITAS SISWA PADA SMA BUDHI LUHUR PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 112-117. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2214
Abstract viewed = 67 times
PDF downloaded = 63 times