STRATEGI PEMASARAN NATA DE COCO BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN CV CITRA PANGAN MANDIRI
Abstract
ABSTRAK
Dengan makin populernya nata de coco, perusahaan skala menengah dan kecil di Bogor mulai
memasuki pasar. Ini menyebabkan persaingan pasar meningkat dan sebagai salah satu produsen
nata de coco, CV Citra Pangan Mandiri harus memahami perilaku konsumennya. Sebagai produk
pangan, nata de coco adalah consumer driven industry, dimana keberhasilan pemasarannya
tergantung pada penerimaan konsumen. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa perusahaan
perlu lebih memperhatikan preferensi konsumennya. Analisis preferensi konsumen menunjukkan
bahwa segmen masyarakat menengah bawah merupakan segmen yang sesuai bagi perusahaan.
Untuk membedakan produknya dari pesaing, perusahaan perlu menyusun positioning sebagai
“nata de coco berkualitas dengan harga bersaing” melalui strategi bauran pemasaran yang
konsisten. Di masa mendatang, terbuka peluang untuk mengembangkan pemasaran ke segmen
kelas atas karena preferensi konsumen kelas atas juga bernilai positif (favorable).