STRATEGI PEMASARAN NATA DE COCO BERDASARKAN SIKAP KONSUMEN DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU
Abstract
ABSTRAK
Salah satu produk yang berpotensi dikembangkan untuk meningkatkan nilai
tambah kelapa adalah nata de coco. Seiring permintaan dan persaingan yang
meningkat, kepuasan konsumen merupakan kunci keberhasilan pemasaran. Penelitian
ini dilaksanakan melalui studi kasus pada agroindustri nata de coco skala kecil di
Kabupaten Indragiri Hilir dan survei konsumen, yang bertujuan: 1) Mengidentifikasi
strategi pemasaran saat ini, 2) Mengkaji penerimaan konsumen terhadap nata de
coco merek Salju, dan 3) Merumuskan strategi pemasaran optimal berdasarkan sikap
konsumen. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan model multi atribut
Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap nata de
coco merek Salju bernilai positif tapi kepercayaan konsumen masih perlu
ditingkatkan. Atribut terpenting adalah harga terjangkau (ei=2,27), tekstur yang kenyal
(ei=2,13) dan suhu penyajian yang dingin (ei=1,93) sehingga bauran pemasaran
optimal harus mengutamakan atribut-atribut ini.