ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN PERUSAHAAN DAERAH BANK PERKREDITAN RAKYAT (PD. BPR) SARIMADU KABUPATEN KAMPAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mode komunikasi pemasaran yang
digunakan Bank PD. BPR Sarimadu, mengetahui sasaran distribusi kredit, mengetahui
respon nasabah terhadap pelayanan Bank PD. BPR Sarimadu dan mengetahui
permasalahan yang dihadapi Bank PD. BPR Sarimadu dalam hal komunikasi
pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Responden yang
diteliti meliputi pimpinan, karyawan dan nasabah Bank PD. BPR Sarimadu yang
mewakili setiap jenis kredit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima mode
komunikasi pemasaran dilaksanakan oleh Bank PD. BPR Sarimadu, yaitu media
periklanan, promosi penjualan, Hubungan masyarakat, Penjualan personal , dan
penjualan langsung. Respon nasabah terhadap pelayanan Bank PD. BPR Sarimadu
secara umum adalah baik. Secara umum, tidak ada masalah berarti yang dihadapi
Bank PD. BPR Sarimadu. Masalah yang terjadi hanyalah biaya, penempatan waktu
dan kurangnya tenaga untuk penjualan personal.