EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN JERUK (Citrus, sp) DI DESA JAMBO LABU KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR

  • Rosmaiti Rosmaiti Universitas Samudra
  • Iwan Saputra Universitas Samudra Langsa
  • Yusnawati Yusnawati Universitas Samudra Langsa
Keywords: Kata kunci : jeruk, evaluasi kesesuaian lahan, pengembangan, klasifikasi kesesuaian lahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan karakteristik dan kesesuaian lahan, faktor-faktor pembatas lahan terhadap kesesuaian lahan dan klasifikasi kesesuaian lahan jeruk untuk tanaman jeruk di Desa Jambo Labu Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Jambo Labu Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur selama 2 bulan, dimulai bulan September sampai bulan November 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu dengan survey lahan dan pengambilan sampel tanah di lapangan serta hasil analisis sampel tanah di laboratorium. Titik pengamatan dan pengambilan sampel tanah dibentuk berdasarkan satuan peta lahan hasil overlay (tumpang susun) antara peta jenis tanah, peta lereng, dan peta penggunaan lahan. Untuk melakukan evaluasi kesesuaian lahan untuk pengembangan tanaman jeruk maka dilakukan pengamatan sifat fisik dan kimia tanah, morfologi lahan dan analisis tanah di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di daerah penelitian sesuai untuk pengembangan tanaman jeruk walaupun dapat terlihat media perakaran, retensi hara, hara tersedia dan tingkat bahaya erosi sebagai faktor pembatas/S3 (sesuai marginal). Berdasarkan hasil evaluasi kesesuaian lahan dilokasi penelitian menunjukan bahwa lahan tersebut sesuai untuk pengembangan tanaman jeruk walaupun dapat terlihat media perakaran, retensi hara, hara tersedia dan tingkat bahaya erosi sebagai faktor pembatas/S3 (sesuai marginal) dapat diperbaiki menjadi S1 (sangat sesuai). Karakteristik lahan S3 untuk pengembangan tanaman jeruk di Desa Jambo Labu Kecamatan Birem Bayeun dapat memberikan input perbaikan untuk kesesuian lahan agar dapat dinaikan kelas kesesuaiannya menjadi S1 (sangat sesuai). Upaya perbaikan media perakaran dengan pembuatan saluran drainase, retensi hara (pH tanah) dengan pengapuran, hara tersedia (total N dan P2O5) dengan pemberian pupuk yang mengandung unsur nitrogen/pupuk organik dan pupuk yang mengandung unsur fosfor dan tingkat bahaya erosi (bahaya erosi dan lereng) 8-15% dengan cara konservasi vegetatif. Hasil penelitian ini dapat dilanjutkan dengan percobaan dilapangan dengan melakukan penanaman jeruk dengan perlakuan penambahan pupuk yang mengandung unsur P dan N, penanaman kacang hias (Arachis pintoi) pada lereng 8-15%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balitjestro. 2014. Nilai Kelayakan Ekonomi Usaha Tani Jeruk Siam. http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/nilai-kelayakan-ekonomiusahatanijeruk-siam/(diakses, 15 April 2018).
Badan Pusat Statistik. 2017. Aceh Timur Dalam Angka 2016. BPS Kabupaten Aceh Timur.
Darmawijaya, I. 1980. Klasifikasi Tanah. Dasar Teori Baru Penelitian Tanah dan Pelaksanaan Pertanian di Indonesia. Balai Penelitian dan KinaGambung. Bandung.
Hardjowigeno, S. 2003. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Jakarta : Akademika Pressindo. 250 hal.
Hardjowigeno, S., Widiatmaka. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Perencanaan Tataguna Lahan. Yogyakarta (ID): Gadjah Mada University Press.
Isrun. 2009, Analisis Tingkat Kerusakan Lahan Pada Beberapa Sub DAS di Kawasan Danau Poso, Media Litbang, Sulawesi Tenggara.
Kementerian Pertanian. 2016. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. Jakarta. Kementerian Pertanian.
Maswar. 2004. Kacang hias (Arachis pintoi) pada usaha tani lahan kering. Balai Penelitian Tanah [Internet]. [diunduh 4 Desember 2018]. http//:balittanah.litbang.deptan.go.id/indeks.pht?option=com_content&view=article&id=43:kacang-hias-arachispintoi&catid=23:leaflet<emid=91.
Prasetyo, B.H., Suriadikarta, D.A. 2006. Karakteristik, Potensi dan Teknologi Pengelolaan Tanah Ultisol untuk Pengembangan Pertanian Lahan Kering diIndonesia. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Balai Penelitian Tanah. http://pustaka.litbang.deptan.go.id/publikasi.pdf [18 April 2018].
Pusat data dan Sistem Informasi Pertanian. 2015. Statistisk Pertanian. Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Jakarta.
Ritung S., Wahyunto, Agus F dan Hidayat H. 2007. Panduan Evaluasi Kesesuaian Lahan. Balai Penelitian Tanah Bogor.
Sitorus, 2004. Survai Tanah dan Penggunaan Lahan. Bogor (ID): Lab Perencanaan Pengembangan Sumberdaya Lahan, Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian
Published
2019-08-01
How to Cite
Rosmaiti, R., Saputra, I., & Yusnawati, Y. (2019). EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN JERUK (Citrus, sp) DI DESA JAMBO LABU KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR. Jurnal Ilmiah Pertanian, 16(1), 64-73. https://doi.org/10.31849/jip.v16i1.2430
Section
Original Articles
Abstract viewed = 3154 times
Full Text downloaded = 2881 times