STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI DODOL RASA BUAH LOKAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran dodol buah di Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan metode survei. Pemilihan responden pada penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Penentuan responden berdasarkan kepakaran dan perannya dalam pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan agroindustri dodol buah. Analisis data menggunakan analisis Multidimensional Scaling (Mds), prospektif dan Analitic Hierarchi Process /AHP. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor penentu pengelolaan bauran pemasaran dodol buah terdiri atas; dimensi produk, harga, promosi, dan distribusi. Atribut pengungkit dalam pengelolaan bauran pemasaran dodol buah di Kabupaten Siak diperoleh bahwa tipe sebaran cenderung mengumpul di kuadran I dan kuadran III. Strategi pemasaran dodol buah di Kabupaten Siak kegiatan promosi terdiri dari semua kegiatan pemasaran yang mencoba terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat atau terjadinya pembelian dalam waktu yang singkat.
Downloads
References
Bogadenta, Arya. 2013. The Secret Business Plan. Jogjakarta (ID): Penerbit Laksana.
Bourgeois, R. and Jesus, F. 2004. Participatory p r o s p e c t ive a n a l y s i s. E x p l o r i n g and anticipating challanges with stakeholders. Center for Alleviation of Poverty through Secondary Crops Development in Asia and the Pacific, Monograph, 46, 1-29.
(BPS) Badan Pusat Statistik. 2005. konsumsi rataan makanan per kapita per bulan untuk makanan jadi di Kabupten Garut. Garut
David, F. R. 2006. Manajemen Strategis. Edisi 10. Salemba Empat, Jakarta.
Departemen Pertanian. 2007. Produk Domestik Bruto Pertanian. Direktorat Jenderal Bina Produksi Hortikultura, Jakarta. Departemen Pertanian. 2008. Ekspor 2003- 2006. http://www.Hortikultura.deptan.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=134&itemid=2 [24 Juni 2009]
Departemen Pertanian. 2009. Program Pengembangan Kawasan Agropolitan. http://www.deptan.go.id/bpsdm/agropolitan.htm [ 07 April 2009
Firdaus, M. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta (ID): Penerbit Bumi Aksara.
Haris, Abdi. 2008. Strategi Pemasaran Belimbing Manis (Averrhoa carambola L.) di Pusat Koperasi Pemasaran Belimbing Dewa Depok. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Hubeis, M. dan M. Najib. 2008. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Hubeis, M. 2013. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian. Bogor (ID): PT Penerbit IPB Press.
Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. edisi millenium jilid 1. PT. Prehallindo, Jakarta. 2002. Manajemen Pemasaran. edisi millenium jilid 2. PT. Prehallindo, Jakarta.
Kotler P dan Amstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Tim MarkPlus, penerjemah; Sarwiji B, editor. Jakarta (ID): PT Indeks Kelompok Gramedia. Terjemahan dari: Principles of Marketing. Ed ke – 9.
Marimin. 2004. Teknik dan aplikasi pengambilan keputusan kriteria majemuk. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurmalina R et al. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Bogor (ID): Lembaga Penerbit Departemen
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pertanian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.